Rabu, 03 Juli 2013

Smartphone Pertama Berbasis Firefox OS Dibanderol Kurang Dari Rp1 Juta


Mozilla dan Telefonica telah mengumumkan ketersediaan komersial handset pertama Firefox OS yakni ZTE Open di Spanyol. Tidak hanya satu perangkat, ada juga Alcatel Onetouch Fire, smartphone dengan sistem operasi mobile serupa yang sempat dipamerkan selama Mobile World Congress Barcelona awal tahun ini.

Tentunya untuk versi final ini, Mozilla telah menyempurnakan software dari prototipe terdahulu. Terlihat sedikit perbaikan dalam kinerja. Sayangnya, masih ada sejumlah besar lag di UI, terutama ketika bergulir melalui halaman web. Website juga masih loading, bahkan saat terhubung melalui WiFi

Bagi Anda yang masih belum familiar dengan platform dari Mozilla ini, Firefox OS adalah sistem operasi untuk perangkat mobile yang bersifat open source. OS ini telah menerapkan standard-standard web dan menggunakan teknologi Open Web dan HTML 5 sehingga dapat mengintegrasikan hardware perangkat langsung dengan menggunakan Javascript. Firefox OS memiliki semua yang dibutuhkan pengguna telepon pintar seperti panggilan telepon, pesan singkat, e-mail, kamera, fitur-fitur media sosial, dan tentu saja perambah Firefox.
 
 
Sebagai smartphone pertama yang sudah mengadopsi OS ini, ZTE Open didesain untuk pengguna smartphone entry level. Spesifikasinya, ZTE Open berlayar sentuh 3.5 inchi HVGA TFT, RAM 256MB, 512 ROM, kamera 3,2Mpix, serta dilengkapi Bluetooth 2.1, konektivitas WiFi, dan kapasitas baterai 1200mAH. Dalam kesempatan perdana ini, ZTE Open dibanderol seharga US$90 (atau kurang dari Rp1juta).

Selain ZTE, ada nama perusahaan lain yang telah memproduksi perangkat mobile berbasis sistem baru ini yaitu Alcatel, Huawei, dan LG. Semua perangkat mobile itu menggunakan prosesor Snapdragon dan Qualcomm. Belum diketahui mengenai ketersediaan di kawasan lain, termasuk Indonesia.
www.engadget.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar