Rabu, 03 Juli 2013

Nokia Asha 310 - Review


Zyrex

Desain 
Seolah ingin menciptakan sister produk bagi seri Asha 311, Nokia belum lama ini meluncurkan seri Asha 310. Dari identifikasinya, seri Asha disasar untuk mengisi sebagai feature phone Nokia dengan kemampuan multimedia basic. Meski secara desain keduanya nyaris sama, tapi Asha 310 hadir dengan spesifikasi fitur dibawah Asha 311. Nokia Asha 310 mengusung desain full bar dengan dimensi 109,9 x 54 x 13 mm dan berat 104 gram. Dari dimensinya, menyiratkan jelas sisi ergonomis handphone ini lumayan baik. 

Nokia Asha 310 punya bentang layar 3 inchi dengan resolusi 240x400 pixels. Layarnya mengusung teknologi TFT capacitive 65 ribu warna dengan kepadatan pixel 155 ppi (pixel per inch). Untuk spesifikasi dan ukuran layarnya, Asha 310 dan Asha 311 adalah serupa. Tepat diatas layar hanya terdapat lubang earpiece, kemudian dibawah layar terdapat tombol call, lubang mikrofon, dan tombol end key (power key). 

Pada bagian atas body, tersemat konektor charger, port microUSB, dan audio jack 3,5 mm. Menuju ke sisi kiri body, ditempatkan tombol pengatur volume dan tombol pengunci layar. Sedangkan disebaliknya, disisi kanan body, bisa terlihat jelas slot SIM card kedua dan slot microSD. Kedua slot terlidung dengan penutup. Kemudian untuk bagian belakang (back cover), nampak lensa kamera dan dibawahnya terdapat lubang speaker. Tutup back cover cukup mudah dibuka dari sisi samping. 

Catatan
Slot SIM card kedua dan slot microSD sudah mengusung teknologi hotswap (Nokia menyebutnya easy swap). Sementara slot SIM card pertama masih menggunakan pola lama, yakni posisinya berada dibalik baterai. Kamera tidak dilengkapi flash light. Layar telah dilengkapi lapisan pelindung anti gores, tapi bukan dipasok oleh Corning Gorilla Glass. 
 
  

Fitur
Nokia Asha 310 berjalan di platform series 40. Meski telah disinggung bahwa Asha 310 punya fitur di bawah Asha 311, tapi tetap saja ada beberapa fitur yang patut diandalkan di kelasnya. Fitur utama yang digadang adalah dual on GSM-GSM dan tersedianya koneksi WiFi. Untuk kemampuan dual GSM-GSM, hanya SIM card kedua yang diberi kemampuan easy swap. Untuk jalur koneksi internet lewat operator selular hanya dipatok hingga level 2G (GPRS/EDGE), berbeda dengan Asha 311 yang bisa melaju hingga level 3G. 

Andalan utama untuk memanfaatkan layanan internet tak lain WiFi dengan standar b/g. Menyadari keterbatasan koneksi internet, Nokia telah merancang Xpress browser yang disebutkan mampu mereduksi konsumsi trafik data yang dibutuhkan untuk melakukan browsing. Nokia Xpress browser telah dilengkapi zoom in dan zoom out. 

Untuk kemampuan imaging, Nokia Asha 310 hanya menyandarkan pada resolusi 2 megapixels (1600x1200 pixels). Lensa kamera tidak dilengkapi flash light dan juga tak dibekali auto focus, alias hanya fixed focus dengan kemampuan 4x pembesaran (zoom). Karena menggunakan fokus tetap, obyek paling dekat dapat difoto dengan baik dengan jarak minimum fokus 60 cm, menyiratkan bahwa handphone ini tak bisa diajak untuk memfoto obyek close up (macro mode). Beberapa menu yang melengkapi kamera adalah white balance, self timer, efek, exposure, dan foto editor. 

Meski kemampuannya sangat terbatas, rekam video juga disediakan dengan resolusi 176x144 (QCIF). Rekam video dapat melakukan pembesaran hingga 4x dengan kecepatan rekam 10 fps. Dukungan menu pada rekam video adalah white balance dan efek. Meski kecepatan rekam 10 fps, tapi kecepatan video playback-nya bisa mencapai 15 fps. 

Dalam spesifikasinya, Nokia Asha 310 tidak dilengkapi fitur GPS, tapi tetap dimungkinkan untuk menikmati layanan Nokia Maps. Anda bisa mencari lokasi POI (point of interest) yang ada disekitar Anda dengan dukungan sinyal selular (cell track) dan dukungan WiFi network position. 

Untuk hiburan, pemutar musik telah dilenngkapi menu shuffle, playlist, audio streaming, dan equalizer. Tidak ketinggalan ada FM radio dengan kemampuan rekam siaran. Bekerjasama dengan EA (Electronic Arts), Nokia menghadirkan beberapa game menarik, seperti Tetris dan game-game lain yang dapat dibeli langsung. 

Catatan
Kemampuan rekam video sangat terbatas. Positioning maps kurang tajam dengan tiadanya fitur builn in GPS. 

Kinerja
Dengan harga bandrol perdana Rp900.000, kinerja fitur dan fasilitas di Nokia Asha 310 bisa dibilang biasa-biasa saja. Tapi karena berada di dalam ekosistem Nokia Series 40, handphone ini punya kekuatan tersendiri dengan dukungan aplikasi-aplikasinya di Nokia Store. Tidak dijelaskan proses yang digunakan, tapi dalam uji coba Asha 310 dapat menampilkan performa yang cukup baik. Tiadanya koneksi 3G, GPS, dan kamera hanya 2 Mpix bukankah sesuatu kekurangan, melainkan itu memang opsi yang ditawarkan. 

Untuk memori, RAM yang tersedia adalah 64MB ROM 128MB dan memori internal 20MB. Guna hasil yang maksimal, sangat dianjurkan untuk menggunakan kartu memori tambahan (microSD), dimana Asha 310 dapat membaca hingga kapasitas 32GB.  

Handphone yang materialnya berasal dari bahan daur ulang ini menggunakan baterai lithium ion dengan kapasitas 1.100 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 600 jam dan waktu bicara hingga 17 jam. Sementara untuk penggunaan music player bisa mencapai waktu 54 jam. 
http://www.selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar