Selasa, 20 Agustus 2013

Beats Akan Beli Saham HTC?

detail berita
Beats dan HTC (Foto: BGR)
NEW YORK – Pembuat smartphone terbesar di Taiwan, HTC tengah bergulat dengan penurunan penjualan di tengah pasar yang sangat kompetitif. Dilaporkan Wall Street Journal (WSJ), Beats Audio disebut-sebut akan membeli sisa saham smartphone tersebut sebesar 25 persen dan mencari investor baru.

Sebagaimana diketahui, HTC membeli 50,1 persen saham milik Beats senilai USD300 juta pada Agustus 2011. Hal itu dilakukannya sebagai upaya untuk menggabungkan sistem audio fantastis ke dalam perangkat, sehingga dapat memperkuat posisinya di pasar Amerika Serikat (AS).

Dengan optimisme tinggi, produsen smartphone itu yakin langkahnya akan meningkatkan penjualan. Tentu saja hal ini didasari karena HTC ingin mengulang sukses sebagai top seller smartphone berbasis Android di Negeri Paman Sam pada tahun sebelumnya, yakni dengan pangsa pasar 11,8 persen.

Namun, rupanya hanya berselang dua tahun kemudian HTC harus menerima kekalahan telak atas Samsung. Bahkan, kerjasamanya dengan Beats pun dinilai gagal membawa angin segar. Ini memaksa HTC untuk menjual kembali setengah saham mitra audionya tersebut ke rapper asal AS sekaligus pemilik Beats, Dr Dre dan Lovine dengan kerugian USD5 juta tahun lalu.

“Saya belum melihat sinergi yang memadai dari kerjasama tersebut. Beats memiliki sistem audio dan desain yang canggih, tapi ternyata bersama HTC tidak membantu penjualannya yang berarti,” ungkap analis dari BNP Paribas Laura Chen kepada WSJ, sebagaimana disadur dari Telegraph, Selasa (20/8/2013).

Bulan lalu, saham HTC merosot hingga ke level terendahnya selama delapan tahun kehadirannya di jagat ini. Pendapatannya dari NT USD60 miliar dalam tiga bulan terakhir sampai akhir September nanti jauh dari ekspektasi para analis yaitu NT USD72,7 miliar.

Sebaliknya, Beats malah laris manis dan meroket hingga mencapai sekira USD1 miliar pada tahun lalu dari yang awalnya hanya USD200 juta pada 2010 lalu. Tak heran jika HTC mengatakan telah “menikmati kemitraan bisnis yang erat” dengan Beats selama ini.

Meski demikian, hingga kini Beats belum bersedia memberikan komentar apapun terkait kabar yang beredar.
Sumber : http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar