Selasa, 20 Agustus 2013

Tips Jika iPhone Mendadak Tidak Berjalan


detail berita
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

NEW YORK – Hampir semua perangkat elektronik terutama smartphone pasti mengalami keadaan sistemnya tidak berjalan sementara (freeze), tak terkecuali iPhone. Meski perangkat besutan Apple ini termasuk smartphone yang diandalkan di kalangan gadget, bukan berarti bebas dari gangguan.

Lalu bagaimana jika iPhone Anda mengalami kondisi freeze tersebut? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan dengan cepat atasi keadaan freeze tersebut, seperti dikutip Okezone dari Mashable, Senin (19/8/2013):

Restart smartphone Anda
Matikan perangkat Anda dengan cara tekan tombol Sleep/Wake sekira 10 detik hingga muncul logo Apple pada layar. Proses restart ini akan menyelesaikan update atau download aplikasi baru untuk di-instal. Tak hanya itu, restart secara berkala juga merupakan cara untuk menjaga smartphone Anda untuk senantiasa ‘menyegarkan’ sistem internalnya.

Isi ulang daya baterai (Recharge)
Hubungkan pengisi daya (charger) iPhone Anda juga bisa membantu mencairkan sistem atau layar yang terjebak. Jika smartphone Anda sudah dalam kondisi kehabisan daya, maka layar akan tetap menghitam hingga kurang lebih dua menit sebelum ikon pengisian baterai muncul. Jangan langsung digunakan terlebih dahulu.

Menutup berbagai aplikasi ekstra
Jika Anda sedang membuka aplikasi tetapi tiba-tiba berhenti berhenti bekerja, tekanlah tombol Home dua kali. Ketika ikon aplikasi terbuka akan terlihat aplikasi apa saja yang masih berjalan di bagian bawah layar iPhone Anda, tekan dan tahan ikon masing-masing aplikasi hingga bergoyang dan tekan tanda silang berwarna merah untuk menutupnya. Sebab aplikasi yang tidak terpakai dan belum ditutup pada satu waktu, tidak hanya menguras baterai saja tetapi juga dapat memicu freeze. Cobalah untuk hanya membuka aplikasi yang sedang diperlukan dan sering-sering menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Tidak cukup ruang lagi
Salah satu alasan terjadinya freeze pada iPhone Anda mungkin disebabkan oleh masalah ruang memori. Misalnya, kapasitas memori internal Anda mencapai 32 GB dan Anda manfaatkan semuanya. Hal ini dapat menyebabkan smartphone Anda mengalami pembekuan atau freeze. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang dianggap kurang penting. Coba untuk sisakan ruang kosong minimal 1-2 GB.

Cek pembaruan (update) OS
Sistem operasi (OS) yang tidak lagi terkini juga bisa menjadi penyebab iPhone sering mengalami kondisi freeze. Untuk memeriksa ketersediaan update, Anda cukup buka Pengaturan (Setting) > Umum (General) > Software Update kemudian ikuti petunjuk di layar. Anda juga bisa memeriksanya dari komputer jika layar handset tidak bekerja dengan baik.

System Restore
Upaya lainnya, Anda dapat mengembalikan sistem iPhone Anda ke pengaturan awal pabrik. Di mana, jika Anda melakukan system restore ini maka secara otomatis akan menghapus semua aplikasi dari perangkat. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda sudah mensinkronisasikan semuanya dengan PC sebelum melakukannya. Untuk mengembalikan aplikasi-aplikasinya, versi iTunes harus up to date. Kemudian hubungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang biasa digunakan untuk mengisi daya baterainya. Pilih iPhone (di kolom sebelah kiri dalam jendela Devices) dan klik Restore di tab Summary untuk mengikuti serangkaian petunjuknya di layar.

Bawa ke gerai service
Jika semua langkah sudah dilakukan, namun masih gagal juga maka Anda mungkin harus membawanya ke gerai untuk memeriksa kondisi iPhone Anda.
Sumber : http://techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar